HomeNEWSPilihan Redaksi

Gunung Ibu Pagi Ini Meletus Setelah Kemaren Naik Status Menjadi Awas

LBJ - Gunung Ibu yang terletak di pulau Halmahera Maluku Utara pagi ini meletus, gumpalan abu vulkanik membungbung tinggi diperkirakan hingga menc

Lebih dari Sejuta Warga Palestina Terpaksa Meninggalkan Rafah
Keluarga Tentara Israel Desak Pemerintah Akhiri Perang di Gaza
Sistem Bayar Tol Tanpa Sentuh (MLFF) Mulai Akhir Tahun

Gunung Ibu pagi ini meletus (Instagram @punapibali)

LBJ – Gunung Ibu yang terletak di pulau Halmahera Maluku Utara pagi ini meletus, gumpalan abu vulkanik membungbung tinggi diperkirakan hingga mencapai ketinggian 4 kilometer.

Gunung Ibu meletus kurang dari 24 jam setelah Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi menaikkan status Gunung Ibu dari sebelumnya Siaga atau Level III menjadi Awas atau Level IV.

Berdasarkan penjelasan dari petugas pengamatan Gunung Ibu Axl Roeroe yang xyzonemedia.com kutip dari Antara mengatakan letusan terjadi pada jam 8.00 WIT.

Baca juga: Indonesia Kecam Aksi Blokade Bantuan Kemanusiaan oleh Warga Israel di Gaza

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat,” ujarnya dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selain menjelaskan tentang peristiwa meletusnya gunung Ibu Roeroe juga menghimbau masyarakat yang ada di kaki gunung ibu dan sekitarnya supaya mengenakan masker serta kacamata supaya terhindar dari dampak abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung Ibu.

Gunung Ibu sejak awal bulan mei mengalami peningkatan aktivitas, mulai dari peningkatan gempa, dan lontaran abu vulkanik yang lebih tinggi dari biasanya.

Baca juga: Sayap Pesawat Garuda Terbakar, Jemaah Calon Haji Mendarat  Darurat di Makassar

Tercatat sejak 1-15 Mei gunung Ibu mengalami gempa sebanyak 40 kali gempa letusan, tujuh kali gempa guguran, 1.850 gempa hembusan, 49 kali gempa harmonik, dan 13 kali gempa tornillo.

Selain itu tercatat juga 7.590 kali gempa vulkanik dangkal, 80 kali gempa vulkanik dalam, satu kali gempa tektonik lokal, 132 kali gempa tektonik jauh, dan satu kali gempa terasa.

Hingga pada tanggal 16 Mei Badan Geologi mencatat ada empat kali gempa erupsi, 2 kali gempa guguran, 241 kali gempa hembusan, 28 kali harmonik, 1.911 kali gempa vulkanik dangkal, 26 kali gempa vulkanik dalam, satu kali gempa tektonik lokal, dan sembilan kali gempa tektonik jauh.

Baca juga: Kejagung Periksa Sandra Dewi soal Jet Pribadi dan TPPU Harvey Moeis

Gunung Ibu berada di kecamatan Ibu Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara dan merupakan gunung api tipe strato.***

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0