HomePOLITIK

Satgas Damai Cartenz Tangkap Komandan KKB Dokoge Paniai

LBJ – Satuan tugas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama Kepolisian Resor Dogiyai berhasil menangkap Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wila

Peluang Poros Ketiga di Pilgub Jakarta Semakin Terbuka
Rakernas V PDIP Ancol: Megawati Diminta Teruskan Kepemimpinan
Sandiaga Uno: Generasi Z Butuh Tapera untuk Kepemilikan Rumah
Satgas Damai Cartenz Tangkap Komandan KKB Dokoge Paniai

Ilustrasi Satgas Damai Cartenz Tangkap Komandan KKB Dokoge Paniai, Papua. (Dok:XYZonemedia.com)

LBJ – Satuan tugas Operasi Damai Cartenz 2024 bersama Kepolisian Resor Dogiyai berhasil menangkap Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Dokoge Paniai, Peni Pekei alias Petrus Pekei.

Penangkapan ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi yang intensif antara berbagai pihak yang terlibat.

Kronologi Penangkapan

Penangkapan terjadi di Kampung Ekaugida, tepatnya di tanjakan Pugo, Distrik Paniai Timur, pada Jumat, 17 Mei 2024.

Baca juga : Lima Pelaku Begal Casis Ditangkap, Satu Ditembak Mati

“Penangkapan terhadap pimpinan KKB Petrus Pekei dilakukan berdasarkan laporan polisi nomor LP/01/K/II/2015/PAPUA/RES PANIAI tertanggal 1 Februari 2015 dan Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor:DPO/36/XI/2016/DITRESKRIMUM 11 November 2016,”  kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol Faizal Ramadhani, seperti dikutip redaksi XYZonemedia.com dari kantor berita Antara.

Petrus Pekei ditangkap terkait berbagai tindak pidana, termasuk pemerasan, pengancaman, pencurian dengan kekerasan, dan kepemilikan senjata api ilegal yang dilakukan pada 31 Januari 2015 di Kampung Witai, Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai.

Korban dari aksi tersebut adalah Nicolas Worabay.

Baca juga : Jokowi Sahkan UU DKJ: Pemilihan Gubernur Jakarta Tetap Dipilih Langsung Oleh Rakyat

Proses Penangkapan

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Bayu Suseno, menjelaskan bahwa penangkapan terjadi saat Petrus Pekei dalam perjalanan dari Kabupaten Nabire menuju Paniai.

“Kurang dari tiga jam setelah memantau pergerakan Petrus, personel langsung mengamankan pelaku di tanjakan Pugo, Kampung Madi, Distrik Paniai Timur,” ujar Bayu Suseno.

Penangkapan ini menunjukkan kesigapan dan respons cepat dari tim Satgas Damai Cartenz dalam menangani ancaman keamanan di wilayah Papua.

Petrus Pekei kemudian dibawa ke Kabupaten Nabire untuk pemeriksaan lebih lanjut di Mako Polres Nabire guna menyelidiki lebih dalam keterlibatannya dalam jaringan KKB.

Baca juga : Jangan Lakukan Enam Hal ini Saat Menjalankan Ibadah Haji jika Tidak Ingin Ditangkap Polisi Arab

Tindakan Lanjutan

Petrus Pekei dikenal memiliki posisi penting sebagai Komandan Operasi KKB di Markas Dokoge Paniai.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani, menegaskan, “Penangkapan ini bukti keseriusan Polri melalui Satgas Operasi Damai Cartenz guna menegakkan hukum di wilayah hukum Polda Papua,” ujarnya.

Penangkapan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Polri dalam memberantas kegiatan kriminal bersenjata yang mengancam keamanan dan ketertiban di Papua.

Keberhasilan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat dan mencegah tindakan kriminal serupa di masa mendatang.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0