HomeNEWS

Hari Ini Jemaah Haji Mulai Bergerak dari Madinah Menuju Mekkah

LBJ - Jemaah haji Indonesia gelombang pertama sebanyak 3.400 orang akan mulai bergerak dari Madinah Menuju Mekkah pada hari ini. Petugas Penyel

Demonstrasi Pro-Palestina di UCLA Berujung Penangkapan
Imigrasi Tambah 100 Personel untuk Atasi Antrean di Bandara Soekarno-Hatta
Indonesia Desak Israel Patuhi Keputusan Mahkamah Internasional

Mesjid Bir Ali tempat jemaah haji melaksanakan Miqat. (Dok Kemenag)

LBJ – Jemaah haji Indonesia gelombang pertama sebanyak 3.400 orang akan mulai bergerak dari Madinah Menuju Mekkah pada hari ini.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah bersiaga di mesjid Bir Ali atau Miqat Dzulhulaifah jelang pergerakan jemaah tersebut.

“Kita sudah ngecek beberapa lokasi untuk kesiapan petugas kita dalam rangka memberikan pelayanan kepada jamaah haji,” ujar Kepala Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi saat meninjau persiapan petugas di Bir Ali, Minggu (19/5) seperti yang dikutip XYZonemedia.com dari laman kemenag.

Gunung Semeru Erupsi Lagi: Kolom Abu Vulkanik Capai 800 Meter

Ali juga menjelaskan bahwa sejumlah petugas telah disiapkan untuk mengatur jemaah, berapa lama mereka berada di dalam mesjid dan kapan mereka harus kembali ke dalam mesjid

“Kita sampaikan kepada ketua-ketua kloter untuk jemaah haji yang lansia dan penyandang disabilitas, kita minta untuk tetap di bus Sehingga jemaah haji kita tidak perlu turun ke dalam masjid,” tuturnya lagi.

Kepala sektor Bir Ali Azis Hegamus menghimbau para jemaah supaya sudah berwudhu dan memakai baju ihram sejak dari hotel saat akan menjalankan Miqat di Bir Ali.

Helikopter Konvoi Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh di Azerbaijan Timur

“Jemaah harus sudah memakai ihram dan diupayakan telah berwudhu sejak di hotel, mengingat batas waktu untuk salat sunnah dan niat Ihram tergolong singkat. Batas waktunya sekitar 15 menit,” ujar Ali.

Selain itu jemaah haji supaya mengingat pintu masuk ketika turun dari bis karena jarak antara pintu satu dan dua cukup jauh.

“Jemaah harus ingat pintu. Agar memudahkan, ingat pintu satu itu tidak ada pohonnya, sementara pintu dua ada banyak pohon,” tutupnya.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0