HomePOLITIK

Rakernas V PDIP Ancol: Megawati Diminta Teruskan Kepemimpinan

LBJ - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menyampaikan permintaan agar Megawati Soekarnoputri kembali menjabat sebagai Ketua Umum PDIP

PDIP Sebut Pemilu 2024 Sebagai yang Terburuk dalam Sejarah Demokrasi
Rakernas V PDIP: Megawati tentukan Koalisi Atau Oposisi
Megawati Tawarkan Puan Jabatan Ketua Umum PDIP
Megawati rakernas V (Foto DPP PDIP) long shot

Rakernas V PDIP meminta Megawati Soekarnoputri kembali menjabat sebagai Ketua Umum PDIP untuk periode 2025-2030.(Foto:DPP PDIP)

LBJ – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, menyampaikan permintaan agar Megawati Soekarnoputri kembali menjabat sebagai Ketua Umum PDIP untuk periode 2025-2030.

Hal ini diungkapkan Puan saat membacakan hasil rekomendasi eksternal Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, pada hari Minggu (26/5/2024).

“Rakernas V partai setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, memohon kesediaan Prof. Megawati Soekarnoputri untuk dapat diangkat dan ditetapkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2025 – 2030 pada Kongres VI tahun 2025,” ujar Puan.

Baca juga : Menguak Tiga Fakta Menarik Dugaan Penguntitan Jampidsus oleh Densus 88

Candaan Megawati dan Puan

Sebelumnya, dalam pidato pembukaan Rakernas V PDIP pada Jumat (24/5), Megawati sempat melontarkan candaan yang menggoda Puan untuk bertukar posisi.

Megawati mengusulkan agar Puan menggantikan posisinya sebagai Ketua Umum PDIP, sementara Megawati mengambil alih jabatan Puan sebagai Ketua DPR RI.

“Jadi, saya, kalau beliau pamit, kemarin itu ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko. Lalu saya bilang, ‘Gantianlah sama saya. Saya deh yang jadi ketua DPR, kamu yang jadi ketua umum.’ He-he-he,” kata Megawati sambil tertawa. “Loh enak-enak saja, masak saya yang disuruh nongkrong di sini. Terus keadaannya gonjang-ganjing enggak jelas. He-he-he,” sambungnya.

Megawati rakernas V (Foto DPP PDIP)

Ketum PDIP Megawati saat berbicara di Rakernas PDIP  V (Foto:DPP PDIP)

Tanggapan Puan

Menanggapi candaan tersebut, Puan tidak memberikan jawaban pasti mengenai kemungkinan dirinya menggantikan Megawati sebagai Ketua Umum PDIP.

“Berdoa saja, Insya Allah,” ujar Puan singkat saat ditemui pada hari kedua Rakernas V di Beach City International Stadium, Ancol, Sabtu (25/5).

Baca juga : Detik-Detik Mengerikan di Parcom Purwakarta: Motor Terlindas Truk, Polisi Diduga Penyebab Kecelakaan

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menegaskan bahwa ucapan Megawati hanyalah candaan belaka dan tidak dianggap sebagai sinyal serius di kalangan internal PDIP.

“Ya kalau celetukan-celetukan seperti itu dianggap sinyal, bagi internal kami itu bukan sinyal. Ibu Ketua Umum (Megawati) itu suka bercanda,” kata Said saat ditemui di arena rakernas pada Sabtu (25/5).

Rakernas V PDIP yang berlangsung dari Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5) di kawasan Ancol, Jakarta, mengangkat tema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” dengan subtema Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0