HomeNEWS

Irlandia Akui Palestina sebagai Negara Berdaulat

LBJ - Irlandia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara berdaulat dan akan menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Palestina. Hal ini disa

Houthi Yaman Klaim Serangan Terhadap Kapal-kapal Internasional: Amerika, Inggris, dan Israel Jadi Target
Pembakaran Ruang Keberangkatan di Penyeberangan Rafah oleh Tentara Israel
Abbas Desak Sidang Darurat PBB Terkait Pembantaian di Gaza

Ilustrasi Irlandia secara resmi mengakui kedaulatan Palestina dan akan jalin hubungan diplomatik penuh. (XYZonemedia.com)

LBJ – Irlandia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara berdaulat dan akan menjalin hubungan diplomatik penuh dengan Palestina. Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Irlandia, Micheal Martin, pada hari Selasa.

“Keputusan Pemerintah hari ini mengesahkan pembentukan hubungan diplomatik penuh dengan Negara Palestina,” kata Martin dalam pernyataannya di X.

Langkah ini melibatkan peningkatan status misi Palestina di Irlandia menjadi kedutaan, bergantung pada permintaan resmi dari otoritas Palestina. Selain itu, seorang duta besar dari Palestina akan ditunjuk untuk Irlandia.

Irlandia juga akan mengangkat Kantor Perwakilannya saat ini di Ramallah menjadi kedutaan besar.

Baca juga: Palestina Salahkan AS atas meningkatnya eskalasi di Rafah

“Pengakuan terhadap Palestina bukanlah akhir dari sebuah proses; ini adalah permulaan,” Martin menekankan, sambil menyoroti “program kerja sama pembangunan kami yang telah lama ada.”

Micheal Martin juga menyampaikan pentingnya dukungan internasional bagi Otoritas Palestina dalam upaya reformasi dan penyediaan layanannya.

“Sangat penting bagi Otoritas Palestina untuk mendapatkan dukungan penuh dari komunitas internasional dalam upaya reformasi dan penyediaan layanannya dan kami akan melipatgandakan upaya kami untuk mencapai tujuan ini,” tambah dia.

Dalam beberapa hari terakhir, Martin berdiskusi dengan Perdana Menteri Palestina Mohammad Mustafa dan berkonsultasi dengan mitra Eropa dan Arab mengenai Visi Perdamaian Arab, yang dia gambarkan sebagai jalan bermakna menuju perdamaian abadi.

Baca juga: Siap-Siap! Mulai Juni Beli Gas LPG 3 Kg Pakai KTP

“Irlandia akan terus bekerja sama dengan Otoritas Palestina, dan UE serta mitra internasional kami, dalam menciptakan jalur politik yang dapat menghentikan konflik mengerikan dan bencana kemanusiaan ini,” kata Martin.

Visi Negara Palestina yang Berdaulat
Micheal Martin menekankan pentingnya mewujudkan visi negara Palestina yang berdaulat dan merdeka, serta hidup damai berdampingan dengan Israel.

Dengan langkah ini, Irlandia menunjukkan komitmen kuatnya dalam mendukung hak-hak Palestina dan upaya perdamaian di Timur Tengah. Dukungan dan pengakuan ini diharapkan dapat mendorong negara-negara lain untuk mengambil langkah serupa dalam mengakui Palestina sebagai negara berdaulat.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0