HomePOLITIKHEADLINE_POLITIK

Jokowi Serukan Kemerdekaan Palestina dalam Pidato Harlah Pancasila

LBJ - Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6), Presiden Joko Widodo mengangkat isu penting

Media Israel Sebut IDF Tarik Sebagian Pasukannya Dari Rafah
Dua Petugas Kesehatan Gaza Tewas dalam Serangan Israel
Serangan Israel di Kamp Nuseirat: Tragedi yang Mengundang Kemarahan Dunia
Presiden Jokowi upacara harlah Pancasila 2024

Presiden Jokowi mengangkat isu penting terkait kemerdekaan Palestina pada upacara Harlah Pancasila 1 Juni 2024.(Tangkap layar Youtube Sekretariat Presiden)

LBJ – Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6), Presiden Joko Widodo mengangkat isu penting terkait kemerdekaan Palestina. Menjadi inspektur upacara, Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk Palestina.

Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni menjadi momen bagi bangsa Indonesia untuk mengingat dan menguatkan kembali nilai-nilai dasar negara. Dalam upacara yang digelar di Dumai, Riau, Presiden Joko Widodo hadir sebagai inspektur upacara. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara dan masyarakat setempat.

Dalam pidatonya, Jokowi menekankan bahwa Indonesia akan terus menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif. “Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia,” ujar Jokowi.

Baca juga : Buronan Nomor Satu Thailand Ditangkap di Indonesia, Dua WNI Terlibat

Komitmen Indonesia di Kancah Internasional

Jokowi juga menyoroti peran aktif Indonesia dalam berbagai forum internasional. Ia mengungkapkan bahwa Indonesia telah berhasil memainkan peran penting dalam beberapa tahun terakhir.

“Indonesia selama ini telah berhasil aktif dalam berbagai kegiatan internasional, mulai dari menjadi pemimpin Presidensi G20 2022, menjadi Ketua ASEAN 2023, dan aktif di berbagai perhelatan. Termasuk melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan,” tambahnya.

Keterlibatan Indonesia dalam berbagai organisasi internasional menunjukkan komitmen nyata negara ini dalam menciptakan perdamaian dan keadilan global. Hal ini juga mencerminkan upaya Indonesia untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dalam meraih kemerdekaannya.

Baca juga : Makna Tema dan Logo Hari Lahir Pancasila 2024: Menuju Indonesia Emas 2045

Seruan untuk Palestina di Tengah Agresi Israel

Seruan Jokowi untuk kemerdekaan Palestina datang di tengah situasi yang semakin memprihatinkan. Agresi Israel ke Gaza masih terus berlangsung sejak Oktober 2023, menyebabkan ratusan ribu warga Palestina menjadi korban.

Serangan terbaru bahkan terjadi di kamp pengungsi Palestina di Rafah, Gaza Selatan, yang menelan banyak korban jiwa, termasuk perempuan dan anak-anak.

Situasi ini semakin menggugah perhatian dunia. Beberapa negara yang sebelumnya mendukung Israel kini mulai berbalik arah dan memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Banyak negara Eropa kini menunjukkan sikap solidaritas terhadap perjuangan Palestina.

Negara-Negara Eropa yang Mendukung Palestina

Beberapa negara Eropa telah menunjukkan dukungan nyata mereka terhadap kemerdekaan Palestina. Negara-negara seperti Swedia, Irlandia, dan Belgia secara resmi mengakui Palestina sebagai negara. Selain itu, Spanyol dan Slovenia juga telah mengambil langkah serupa dalam mendukung Palestina.

Di sisi lain, negara-negara seperti Prancis dan Inggris, meskipun belum secara resmi mengakui Palestina sebagai negara, telah menunjukkan dukungan kuat terhadap solusi dua negara dan menyerukan diakhirinya kekerasan di Gaza.

Dalam momen peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Jokowi kembali menegaskan bahwa Indonesia akan selalu berada di garis depan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan keadilan untuk semua bangsa, termasuk Palestina.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0