HomeNEWSHEADLINE_NEWS

Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN Juni Ini

LBJ - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mulai berkantor d

Presiden Jokowi dan Pejabat Negara Rayakan Idul Adha 1445 H
Setelah banyak Diprotes Kemendikbud Ristek Batalkan Kenaikan UKT
Ridwan Kamil Diusulkan Jadi Cagub DKI 2024, Anies Baswedan Santai Menanggapi

Presiden Jokowi saat meninjau lapangan upacara dan istana presiden di IKN (@jokowi)

LBJ – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) sekitar akhir Juni atau awal Juli mendatang. Basuki, yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN, menyatakan bahwa pemindahan kantor ini dilakukan setelah pasokan air baku tersedia.

“Juni ini air sudah masuk. Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan, kita instal. Ini tanggal 3 Juni diambil (pompanya), 7 Juni air sampai di Balikpapan, diinstal, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli,” ujar Basuki saat ditemui di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin lalu.

Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menyatakan bahwa Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN akan fungsional pada Juli 2024. Ia memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden, sudah dilengkapi dengan air, listrik, dan internet.

Baca juga: Tugas Baru Bambang Susantono Setelah Mundur dari Kepala Otorita IKN

Kementerian PUPR sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dengan jaringan pipa yang telah terpasang dan dimasukkan ke multiutility tunnel (MUT). Untuk listrik, PLN menyiapkan pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 megawatt. Sementara itu, Telkom mengatur sarana telekomunikasi dengan menghubungkan internet ke boks MUT yang akan terhubung ke setiap kavling bangunan.

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden tetap sesuai target dan diharapkan selesai untuk Upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN. Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, akan menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Baca juga: Kepala Otorita IKN dan Wakilnya Mengundurkan Diri

Upacara akan berlangsung di lapangan Istana Kepresidenan yang berada persis di depan Istana Presiden, berhadapan dengan sumbu kebangsaan dan lanskap seluruh kota IKN. Selain itu, Istana Presiden, Memorial Park, dan hunian pekerja konstruksi akan menjadi tempat pendukung akomodasi saat upacara berlangsung.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0