HomeHUKUM & KRIMINALHEADLINE_HUKRIM

Polri Identifikasi Lokasi DPO Gembong Narkoba Fredy Pratama di Hutan Thailand

LBJ - Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh informasi rinci mengenai kebera

Geng Motor XTC dan Moonraker Nyatakan Tidak Terlibat dalam Kasus Vina Cirebon 2016
Kadiv Propam Polri Tegas: Anggota Polri Dilarang Terlibat Judi Online, Sanksi PTDH Menanti
Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp19,2 Miliar Berhasil Digagalkan Polri
Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa saat memberikan keterangan pers. (Foto PMJ News)

Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Mukti Juharsa saat memberikan keterangan pers. (Foto : PMJ News)

LBJ – Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipidnarkoba) Bareskrim Polri mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh informasi rinci mengenai keberadaan gembong narkoba jaringan internasional, Fredy Pratama.

Menurut Brigjen Pol Mukti Juharsa, Fredy saat ini bersembunyi di pedalaman hutan Thailand, tepatnya di perbatasan dengan Myanmar. Informasi ini didapatkan dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Kepolisian Thailand.

“Kalau Fredy Pratama, sejauh ini informasi dari mereka dan dari kita juga sudah lidik. Mereka masih di wilayah perbatasan antara Thailand dan Burma (Myanmar),” ungkap Mukti Juharsa kepada wartawan, Senin (3/6/2024).

Baca juga : Polri Tawarkan Barter Buronan Thailand untuk Tangkap Gembong Narkoba Fredy Pratama

Meskipun lokasi Fredy Pratama telah terungkap, Mukti belum dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai perkembangan penyelidikan.

Polri masih terus mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menangkap Fredy. “Ya, insyaallah, nanti Pak Audi dengan Pak Wadir dan tim Fredy Pratama akan berangkat berbarengan dengan tersangka dengan petugas sana,” tuturnya.

Skenario Barter Buronan Thailand

Sebelumnya, Brigjen Pol Mukti Juharsa menyatakan bahwa Polri akan mengajukan skenario barter dengan pihak Thailand untuk menangkap Fredy Pratama.

Penangkapan buronan nomor satu Kepolisian Thailand, Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node alias Sulaiman, di Badung, Bali, diharapkan dapat membuka jalan untuk kerjasama ini.

“Ada budi, ada balas. Kita minta Thailand juga menangkap Fredy,” ujar Mukti Juharsa kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2024).

Baca juga : Kasus ART Lompat dari Lantai Tiga, Penyalur Tenaga Kerja Terancam 15 Tahun Penjara

Strategi Penangkapan Fredy Pratama

Jika Fredy Pratama berhasil ditangkap, Polri akan mengajukan Chaowalit sebagai barter. Dengan strategi ini, Chaowalit akan dipulangkan ke Thailand dan Fredy akan diproses hukum di Indonesia.

“Dia kan gembong besar. Ya saling tuker aja. Barter. Itu yang kita inginkan,” tegas Mukti. Polri berharap bahwa kerjasama ini dapat mempercepat proses penangkapan Fredy Pratama dan menghentikan operasi jaringan narkoba yang dipimpinnya.

Fredy Pratama dalam Pelarian

Fredy Pratama, yang dikenal dengan alias “The Cassanova”, telah menjadi target buruan polisi Indonesia selama hampir satu dekade.

Dia dikenal kerap berpindah-pindah ke luar negeri dan menjalankan operasi peredaran narkoba di Indonesia melalui jaringan orang-orang yang dipercayanya. Hingga kini, Bareskrim Polri dan Polda jajaran telah menangkap 46 orang tersangka yang terlibat dalam jaringan Fredy.***

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0