HomeNEWS

Tugas Baru Bambang Susantono Setelah Mundur dari Kepala Otorita IKN

LBJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penugasan baru kepada Bambang Susantono, mantan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), untuk mem

Jokowi Dijadwalkan Mulai Berkantor di IKN Juni Ini
Jokowi Sahkan UU DKJ: Pemilihan Gubernur Jakarta Tetap Dipilih Langsung Oleh Rakyat
Setelah banyak Diprotes Kemendikbud Ristek Batalkan Kenaikan UKT

Bambang Susantono kini mendapat tugas baru dari Presiden Jokowi untuk memperkuat kerja sama internasional dalam percepatan pembangunan IKN. (@bambangsusantono)

LBJ – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penugasan baru kepada Bambang Susantono, mantan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), untuk memperkuat kerja sama internasional dalam percepatan pembangunan IKN. Kabar ini disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Mensesneg Pratikno mengonfirmasi kabar tersebut di Jakarta, Senin, usai pengumuman pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala OIKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala OIKN. Pratikno menjelaskan bahwa penugasan baru ini bertujuan untuk memanfaatkan jaringan internasional Bambang guna mempercepat pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” kata Pratikno melalui pesan singkat.

Baca juga: Kepala Otorita IKN dan Wakilnya Mengundurkan Diri

Saat ditanya mengenai waktu pengunduran diri Bambang dan Dhony, Pratikno menyebutkan bahwa pembicaraan mengenai hal tersebut telah berlangsung lama. Namun, Keputusan Presiden (Keppres) terkait pengunduran diri mereka baru diterbitkan hari ini.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala OIKN dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

Bambang Susantono, lahir di Yogyakarta pada 4 November 1963, dilantik sebagai Kepala OIKN pada Maret 2022 oleh Presiden Jokowi. Kepakarannya dalam perencanaan infrastruktur dan transportasi publik telah diakui secara nasional dan internasional. Sebelumnya, Bambang menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian periode 2007—2010.

Baca juga: Polri Tawarkan Barter Buronan Thailand untuk Tangkap Gembong Narkoba Fredy Pratama

Di tingkat internasional, Bambang pernah menjabat sebagai Vice President Eastern Asia Society of Transportation Studies (EASTS) dan menjadi anggota Board of Trustees untuk The SouthSouthNorth (SSN) Foundation di Cape Town, Afrika Selatan, yang fokus pada perubahan iklim dan lingkungan.

Bambang juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) periode 2004—2010, di mana ia menekankan pentingnya sistem transportasi yang humanis untuk mengatasi masalah transportasi di Indonesia.

Bambang Susantono memiliki jaringan luas di tingkat internasional, menjadikannya pilihan tepat untuk memimpin upaya kerja sama internasional dalam pembangunan IKN. Dengan latar belakang dan pengalamannya, diharapkan Bambang dapat membawa kemajuan signifikan dalam proyek ambisius ini.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0