HomeNEWS

Jokowi Pastikan Infrastruktur IKN Siap untuk HUT RI 2024

LBJ - Presiden Jokowi menekankan pentingnya pasokan air sebagai kunci kesuksesan perpindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timu

Walk Out Anang and Friends di GBK: Kronologi Penampilan dan Klarifikasi Ashanty
Tertibkan Juru Parkir Liar, Dishub DKI Jakarta Himbau Minimarket
TNI AD Persiapkan Alutsista untuk Misi Perdamaian di Gaza

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, yang akan menjadi sumner pasokan air baku untuk IKN (Dok Setneg)

LBJ – Presiden Jokowi menekankan pentingnya pasokan air sebagai kunci kesuksesan perpindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. hal tersebut disampaikan Joko Widodo saat meninjau pembangunan komplek Istana Kepresiden.

“Sangat optimistis untuk kantornya, ini masih menunggu satu saja (untuk) airnya (siap) bulan Juli,” kata Jokowi, Rabu (4/6).

Bendungan Sepaku Semoi: Sumber Utama Pasokan Air

Pasokan air di IKN akan berasal dari Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang baru saja diresmikan pada Selasa (4/6).

Presiden menjelaskan bahwa saat ini hanya tinggal menunggu pompa untuk menaikkan air yang kemudian akan dialirkan ke bangunan dan rumah-rumah di IKN.

Progres Pembangunan: Tantangan dan Harapan

Pembangunan Istana Kepresidenan sudah mencapai sekitar 80 persen rampung, baik untuk bagian interior maupun eksterior. Jokowi memastikan bahwa persiapan infrastruktur untuk Upacara HUT RI pada 17 Agustus mendatang akan selesai tepat waktu.

“Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, Nggak ada masalah di lapangan, tadi kita cek satu per satu dari lokasi venue, kemudian tata urutan upacara, semuanya nggak ada masalah. Jadi, pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus,” tambah Jokowi.

Pengalaman Menginap di IKN

Presiden Jokowi juga berbagi pengalamannya menginap di rumah dinas Menteri PUPR di IKN pada Selasa (4/6) malam.

“Tadi malam saya nginepnya di rumah menteri, rumah dinas Menteri PUPR. Ya pagi tadi sangat indah, kemarin waktu sunset matahari terbenam indah sekali dan ya suasana itu yang saya sampaikan. (Saya) tidur nyenyak sekali,” ungkapnya.

Target Tepat Waktu untuk Perayaan HUT RI

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden akan selesai tepat waktu dan siap untuk digunakan dalam upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Perayaan ini akan menjadi awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara, menandai dimulainya era baru bagi Indonesia. Upacara tersebut akan dilangsungkan di lapangan Istana Kepresidenan yang berhadapan dengan sumbu kebangsaan dan lanskap seluruh kota IKN.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0