HomeHEADLINE_NEWS

Basuki Hadimuljono: Progres Infrastruktur IKN Capai Tahap Penting

LBJ - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan update progres terbaru mengenai perkembangan pembangunan Ib

Houthi Klaim Serang Kapal Induk AS USS Eisenhower
Imigrasi Tambah 100 Personel untuk Atasi Antrean di Bandara Soekarno-Hatta
Imam Besar Pastikan Tidak Ada Pembagian Daging Kurban di Masjid Istiqlal
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Istana Negara dan lapangan upacara di IKN pembangunannya sudah mencapai 69 persen sebulan jelang HUT RI ke-79. (biro pers sekretariat presiden).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut Istana Negara dan lapangan upacara di IKN pembangunannya sudah mencapai 69 persen. (Fpto:Biro pers sekretariat Presiden).

LBJ – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan update progres terbaru mengenai perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dengan HUT RI ke-79 yang akan datang pada 17 Agustus, progres ini menjadi perhatian utama pemerintah dan masyarakat.

Progres Infrastruktur Jalan

Basuki Hadimuljono melaporkan bahwa pembangunan infrastruktur jalan di IKN mencapai tahap penting dan menunjukkan kemajuan yang signifikan. Progres pembangunan jalan tol IKN di ruas 5A sudah mencapai 85 persen, sementara di ruas 3B mencapai 83 persen. Selain itu, pembangunan jalan akses bandara telah mencapai 18 persen.

“Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat 14 persen, dan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat 10 persen,” ungkap Basuki dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR pada Rabu (6/6).

Dengan berbagai proyek yang sedang berjalan, pembangunan infrastruktur jalan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di IKN.

Baca juga : Viral Klarifikasi Nasarius: Plaza Indonesia Tuai Kritikan Pedas

Progres Infrastruktur Pemukiman

Selain infrastruktur jalan, pembangunan gedung dan pemukiman di IKN juga menunjukkan kemajuan yang positif. Gedung Istana Negara dan lapangan upacara kini telah mencapai 69 persen, sedangkan pembangunan kantor kementerian koordinator mencapai 64 persen. Infrastruktur perumahan, termasuk rumah tapak menteri, telah mencapai 91 persen penyelesaian.

Untuk hunian Polri dan BIN, progresnya mencapai 58 persen, sementara hunian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pasukan pengaman presiden (Paspampres) masing-masing mencapai 53 persen dan 48 persen. “Hunian ASN, Polri, BIN, dan Paspampres ini total 47 tower dan sekarang ini yang sudah topping off 11 tower, dan nanti di Agustus, insyaallah 12 sudah bisa operasi,” jelas Basuki.

Baca juga : Ternyata ini Penyebab Security Plaza Indonesia Pukul Anjing

Anggaran Pembangunan IKN 2024

Dalam paparannya, Basuki Hadimuljono juga mengungkapkan bahwa anggaran untuk pembangunan infrastruktur dasar di IKN pada tahun 2024 mencapai Rp37,4 triliun. Anggaran ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu Rp1,57 triliun untuk sumber daya air, Rp17,56 triliun untuk bina marga, Rp11,42 triliun untuk cipta karya, dan Rp6,86 triliun untuk perumahan.

Anggaran yang besar ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mempercepat pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan yang baru. Dengan alokasi dana yang tepat, diharapkan semua infrastruktur dasar dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal.

Basuki Hadimuljono berharap bahwa seluruh proyek dapat diselesaikan tepat waktu dan siap digunakan untuk mendukung kegiatan pemerintahan di ibu kota yang baru.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0