HomeNEWS

Arab Saudi Siagakan Aparatnya Demi Menjamin Keamanan Jemaah Haji

LBJ - Pemerintah Arab Saudi mengintensifkan pengamanan untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah calon haji dari berbagai negara pada musim h

PKS Menunggu Koalisi Terbentuk Untuk Pendamping Sohibul Iman
Brigade Al-Qassam Bunuh Beberapa Tentara Israel di Gaza Selatan
XYZonemedia: Sumber Berita Kekinian dan Terpercaya, Yuk Ikutan Giveaway Serunya!

Jelang puncak pelaksanaan ibadah haji pemerintah Arab saudi Intensifkan pengamanan jemaah haji. (Dok Kemenag)

LBJ – Pemerintah Arab Saudi mengintensifkan pengamanan untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah calon haji dari berbagai negara pada musim haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi. Aparat keamanan setempat telah mempersiapkan penjagaan ketat dan respons cepat terhadap segala potensi ancaman secara menyeluruh.

“Yang terpenting adalah menjamin keamanan para tamu Allah dan memfasilitasi aktivitas mereka di tempat-tempat suci di Makkah selama pelaksanaan ibadah oleh aparat keamanan,” ujar Letnan Jenderal Mohammad bin Abdullah al-Bassami, Direktur Keamanan Publik dan Ketua Komite Keamanan Haji, dalam konferensi pers di Pusat Operasi Keamanan Terpadu (911) di Makkah, Sabtu. Dikutip dari Antara.

Tindakan Preventif dan Patroli Intensif

Aparat keamanan Saudi siap menghadapi segala potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Al-Bassami menegaskan bahwa petugas keamanan akan berjaga sepanjang waktu secara intensif dan merespons cepat seluruh laporan pengamatan keamanan sesuai prosedur yang tepat.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Jika Ingin Daging Kurban Awet!

“Mengerahkan semua upaya untuk mencegah kejahatan dan setiap hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi keamanan dan keselamatan para tamu,” kata Al-Bassami.

Aparat keamanan memperkuat patroli untuk mengawasi kelancaran lalu lintas, keamanan, dan penegakan hukum di pintu-pintu masuk ke Kota Makkah, tempat-tempat suci, serta jalur-jalur menuju wilayah tersebut.

Aturan Ketat dan Pengawasan Masuk

Al-Bassami menekankan bahwa petugas akan melarang orang-orang yang masuk ke wilayah Makkah tanpa izin tinggal atau visa haji. Mereka telah menyusun seluruh rencana pengamanan, pengaturan lalu lintas, serta rencana pengelolaan jamaah berdasarkan kajian dan evaluasi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Insya Allah pelaksanaan tahun ini akan sesuai rencana. Kami pastikan aparat keamanan akan menangkap pelanggar peraturan haji,” tegas Al-Bassami.

Baca juga: Menghilang Misterius, Siswi SMA Ditemukan di Masjid Setelah 3 Hari

Pasukan Darurat Khusus di Tempat Suci

Selain aparat keamanan umum, pasukan darurat khusus juga diterjunkan untuk menjaga tempat-tempat suci di Kota Madinah maupun Makkah. Mayor Jenderal Muhammad bin Maqbool Al-Omari, Komandan Pasukan Darurat Khusus Kepresidenan Keamanan Negara, menjelaskan bahwa pasukan ini merupakan unit elit yang siap memberikan keamanan di kawasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

“Pasukan elite akan bergerak untuk melayani para tamu Allah dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” kata Al-Omari.

Penempatan pasukan darurat ini merupakan bagian dari upaya maksimal untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah selama menjalankan ibadah haji.

Keselamatan dan Kenyamanan Jamaah adalah Prioritas

Komitmen Pemerintah Arab Saudi untuk menjamin keamanan dan keselamatan jamaah haji tidak hanya terbatas pada penjagaan fisik, tetapi juga mencakup pengaturan lalu lintas dan penegakan hukum.

Pihak berwenang berharap upaya ini dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para jamaah dari berbagai negara yang datang untuk menunaikan ibadah haji.

Pihak berwenang berharap pelaksanaan ibadah haji tahun 2024 akan berlangsung lancar dan aman berkat persiapan yang matang dan upaya pengamanan yang intensif, sesuai dengan rencana yang telah mereka susun.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0