HomeHEADLINE_NEWS

Empat Tewas dan 10 Terluka dalam Serangan Udara Israel di Tyre, Lebanon

LBJ - Empat orang tewas dan sepuluh lainnya terluka pada Selasa malam akibat serangan udara Israel di kota Jouaiya, Tyre, Lebanon tenggara. Inf

Serangan Drone Hizbullah Melukai 18 Tentara Israel di Perbatasan Utara
Serangan Udara Israel di Lebanon Tewaskan Anggota Hizbullah
Netanyahu Membubarkan Kabinet Masa Perang

Salahsatu jet tempur milik angkatan Udara Israel (@idf)

LBJ – Empat orang tewas dan sepuluh lainnya terluka pada Selasa malam akibat serangan udara Israel di kota Jouaiya, Tyre, Lebanon tenggara.

Informasi ini disampaikan oleh media Lebanon. Serangan tersebut menghantam sebuah rumah dengan tiga rudal.

Abu Talib, pemimpin militer senior Hizbullah, dan tiga rekannya menjadi korban tewas dalam insiden ini. Kantor Berita Nasional dan saluran TV al-Jadeed mengonfirmasi berita tersebut.

Baca juga: Gempuran Bom Israel di Gaza Lebih Brutal dari Perang Dunia II

Respons Hizbullah dan Tindakan Balasan

Hizbullah belum memberikan komentar resmi terkait insiden ini. Namun, mereka segera merespons serangan udara tersebut dengan melancarkan serangan terhadap situs militer Israel.

Hizbullah menggunakan drone dan rudal dalam serangan balasan mereka. Sumber militer Lebanon menyebutkan, mereka memantau penyeberangan 12 drone dan sekitar 80 rudal dari Lebanon ke Israel utara.

Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel berhasil mencegat beberapa rudal tersebut.

Upaya Penyelamatan dan Pencarian Korban

Sumber medis setempat melaporkan bahwa tim dari pertahanan sipil dan Otoritas Kesehatan Islam terus membersihkan puing-puing rumah.

Baca juga: Kasus Firli Bahuri Terus Bergulir: SYL Kembali diperiksa Polda Metro Jaya

Palang Merah Lebanon juga melanjutkan upayanya untuk mengangkut korban ke rumah sakit di kota Tyre. Pencarian orang hilang masih berlangsung.

Latar Belakang Ketegangan di Perbatasan Lebanon-Israel

Ketegangan di perbatasan Lebanon-Israel meningkat pada 8 Oktober 2023. Ketegangan ini dipicu oleh rentetan roket yang diluncurkan Hizbullah ke Israel.

Tindakan Hizbullah ini merupakan bentuk solidaritas terhadap serangan Hamas ke Israel sehari sebelumnya. Israel kemudian membalas dengan menembakkan artileri berat ke arah tenggara Lebanon.

Situasi di Lokasi Serangan

Menurut saksi mata, suara ledakan terdengar keras dan menghancurkan rumah-rumah di sekitarnya. Banyak warga yang panik dan mencoba menyelamatkan diri.

Baca juga: Harvard Tunda Gelar Mahasiswa Karena Pro-Palestina

Beberapa bangunan mengalami kerusakan parah akibat serangan tersebut. Para korban yang terluka segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.

Dampak Serangan terhadap Warga Sipil

Serangan ini menyebabkan kerugian besar bagi warga sipil di Tyre. Banyak keluarga kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bantuan kemanusiaan segera dikerahkan untuk membantu para korban. Organisasi internasional juga turut memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Tanggapan Internasional

Komunitas internasional mengecam serangan ini dan menyerukan agar kedua belah pihak menahan diri dari tindakan kekerasan lebih lanjut.

PBB dan beberapa negara menyerukan dialog untuk menyelesaikan konflik. Mereka berharap agar situasi dapat segera pulih dan tidak ada lagi korban jiwa.***

 

 

 

 

 

 

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0