HomeNEWSHEADLINE_NEWS

KAI Daop 9 Jember Operasikan Kembali KA Mutiara Timur Saat Libur Idul Adha

LBJ - PT KAI (Persero) kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Stasiun Ketapang-Surabaya Pasar Turi selama libur Idul Adha. Mulai dari 15 hin

Pasokan Hewan Kurban Idul Adha 2024 Dipastikan Aman
Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Palembang Saat Shalat Idul Adha
Pemprov DKI Jakarta Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha

PT KAI (Persero) kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Stasiun Ketapang-Surabaya Pasar Turi selama libur Idul Adha. Mulai dari 15 hingga 18 Juni 2024 (@indonesiarailways)

LBJ – PT KAI (Persero) kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Stasiun Ketapang-Surabaya Pasar Turi selama libur Idul Adha. Mulai dari 15 hingga 18 Juni 2024, dengan tujuan mengakomodasi lonjakan penumpang selama periode liburan tersebut.

Lonjakan Animo Penumpang

Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, menjelaskan bahwa pengoperasian KA Mutiara Timur sebagai respon tingginya minat pelanggan. Selain itu prediksi lonjakan penumpang selama libur Idul Adha jadi bagian dari kembalinya KA Mutiara Timur.

“Beroperasinya kembali KA Mutiara Timur tidak terlepas dari animo pelanggan yang tinggi selama KA itu beroperasi dan mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Idul Adha,” ujarnya di Jember, Jawa Timur, Jumat.

Penambahan Kapasitas Tempat Duduk

Selama libur Idul Adha, KA Mutiara Timur akan beroperasi dengan 9 rangkaian.Terdiri dari dua kereta kelas eksekutif, lima kereta kelas ekonomi new generation, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit.

Baca juga: Tokopedia Lakukan Restrukturisasi Siapkan PHK Sebagai Strategi Pertumbuhan

Total kapasitas tempat duduk yang tersedia adalah sebanyak 456 tempat duduk. Selain itu, KAI Daop 9 Jember juga menambah kapasitas tempat duduk di sejumlah kereta lain untuk mengantisipasi meningkatnya animo masyarakat.

“Kami juga menambah kapasitas tempat duduk di sejumlah KA untuk mengantisipasi meningkatnya animo masyarakat yang menggunakan kereta api selama libur Idul Adha,” lanjut Cahyo.

Tambahan Kereta di Rangkaian KA Lain

Selain pengoperasian KA Mutiara Timur, KAI Daop 9 Jember juga Mengambil langkah lain. Langkah tersebut adalah menambahkan satu kereta kelas eksekutif pada KA Wijayakusuma dan KA Ranggajati, serta kereta kelas bisnis pada KA Logawa. Tambahan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas angkut penumpang selama periode libur Idul Adha.

“Kereta tambahan pada KA Wijayakusuma dan KA Logawa tersedia pada hari Jumat-Selasa yakni pada 14-18 Juni 2024, sedangkan tambahan pada KA Ranggajati tersedia hari Sabtu (15/6/2024) dan Senin (17/6/2024),” jelas Cahyo.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi Ajak Finlandia Akui Palestina Segera

Peningkatan Total Kapasitas

Dengan beroperasinya KA Mutiara Timur dan tambahan kereta pada KA Ranggajati, KA Wijayakusuma, dan KA Logawa, terjadi penambahan kapasitas tempat duduk. Terhitung mulai 14-18 Juni 2024 di Daop 9 Jember menjadi 39.460 tempat duduk. Jumlah tersebut berasal dari 22 perjalanan kereta api yang dioperasikan oleh Daop 9 Jember, baik KA jarak jauh maupun KA lokal.

Anjuran Pemesanan Tiket

Cahyo mengimbau para penumpang untuk memesan tiket kereta api jauh-jauh hari.  Agar Masyarakat dapat memilih kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai keinginan.

Hingga Kamis, tercatat sebanyak 3.301 tiket telah terjual pada masyarakat. Untuk keberangkatan hari Jumat hingga Selasa dari wilayah Daop 9 menuju kota tujuan seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Jakarta.

Alternatif Jika Tiket Habis

KAI Daop 9 juga menyarankan masyarakat memanfaatkan fitur connecting train melalui aplikasi Access by KAI jika tiket KA diinginkan  habis. Alternatif ini diharapkan dapat membantu penumpang menemukan jadwal perjalanan yang sesuai.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0