HomeHEADLINE_LALULINTAS

Polri Jadikan Yogyakarta Smart City Pertama untuk Keamanan Lalu Lintas

LBJ - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menetapkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota percontohan program smart city dalam keselamatan berl

DKI Jakarta Tutup 34 Ruas Jalan Besok untuk Jakarta International Marathon
Mau Urus SIM Tapi BPJS Tunggak? Ini Penjelasan Resmi dari Polisi
Indonesia Perbarui SIM: Logo Kendaraan Ditambahkan, Pengakuan Lebih Luas di ASEAN
Korlantas Polri menjadikan DI Yogyakarta sebagai kota percontohan program smart city dalam keselamatan berlalu lintas. (Foto PMJ News)

Korlantas Polri menjadikan DI Yogyakarta sebagai kota percontohan program smart city dalam keselamatan berlalu lintas. (Foto: PMJ News)

LBJ – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menetapkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai kota percontohan program smart citydalam keselamatan berlalu lintas. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan menurunkan angka fatalitas kecelakaan di jalan raya.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Polisi Aan Suhanan, menyatakan program smart city di Yogyakarta sangat bermanfaat.

“Peresmian smart city yang diluncurkan di Provinsi DIY sangat bermanfaat bagi Polri dan juga masyarakat daerah dengan berbasis road safety policy(kebijakan keselamatan lalu lintas),” ujar Aan Suhanan, Jumat (14/6/2024).

Peluncuran program bersamaan dengan Rapat Kerja Teknis Lalu Lintas Tahun 2024 di Yogyakarta. Acara berlangsung pada 12 dan 13 Juni dengan kehadiran Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : Satgas Pangan Polri Pantau Pasar dan Hewan Kurban di Jakarta

Tujuan dan Manfaat Program Smart City

Program smart city berbasis road safety policy adalah kolaborasi Polri dan pemerintah daerah untuk menciptakan kota cerdas yang aman.

Teknologi canggih ini diharapkan bermanfaat bagi kepolisian dalam menjaga keamanan lalu lintas dan bagi masyarakat serta pemerintah.

“Artinya apa, di samping manfaat yang didapatkan oleh kepolisian dalam kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas), dalam kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) secara umum, dalam penegakan hukum ini juga akan banyak dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan seluruh masyarakat,” jelas Aan.

Baca juga : Drama Penyidik KPK Ditahan 7 Jam saat Upaya Penangkapan Harun Masiku

Teknologi dan Implementasi

Implementasi program smart city ini mencakup teknologi canggih seperti CCTV dengan analisis video untuk mendeteksi pelanggaran lalu lintas.

Pemerintah daerah Yogyakarta juga turut berpartisipasi dengan menyediakan infrastruktur dan dukungan untuk memastikan keberhasilan program ini.

Selain itu, Polri juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas. Harapannya, program ini tidak hanya dapat menurunkan angka kecelakaan, tetapi juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan di jalan.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0