HomeHEADLINE_NEWS

Ragunan Tetap Buka Saat Idul Adha, Siapkan Diri untuk Liburan Seru!

Taman Margasatwa Ragunan Tetap Beroperasi di Hari Raya Idul Adha LBJ - Taman Margasatwa Ragunan tetap buka pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. P

Pemprov DKI Jakarta Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban Menjelang Idul Adha
Presiden Jokowi dan Pejabat Negara Rayakan Idul Adha 1445 H
Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Palembang Saat Shalat Idul Adha

Libur Idul Adha ragunan tetap buka (@ragunanzoo)

Taman Margasatwa Ragunan Tetap Beroperasi di Hari Raya Idul Adha

LBJ – Taman Margasatwa Ragunan tetap buka pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Pengunjung bisa menikmati liburan di tempat wisata Jakarta Selatan ini pada 17 dan 18 Juni 2024.

Jam Operasional dan Hari Libur Satwa

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, mengonfirmasi bahwa Ragunan tetap beroperasi saat Idul Adha.

“Kami tetap membuka pelayanan pada Idul Adha tepatnya 17 dan 18 Juni 2024,” ujar Bambang.

Jam operasional akan berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Hari libur satwa yang biasanya jatuh pada Senin akan diundur menjadi Rabu. Dengan demikian, Taman Margasatwa Ragunan akan tutup pada 19 Juni 2024.

“Rabu atau 19 Juni 2024 tutup atau libur satwa,” jelas Bambang.

Baca juga: Ribuan Umat Islam Padati Masjid Agung Palembang Saat Shalat Idul Adha

Prediksi Kepadatan dan Persiapan

Bambang memprediksi bahwa puncak kepadatan pengunjung akan terjadi pada Selasa, 18 Juni 2024. Target pengunjung mencapai 60 ribu orang. Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, pihak pengelola telah menyiapkan lahan parkir dan memastikan kondisi pohon di sekitar area agar tidak tumbang dan melukai pengunjung.

Imbauan Cuaca dan Data Pengunjung

Selain itu, pengunjung diimbau untuk membawa mantel hujan atau payung karena cuaca yang tidak menentu.

“Kepada pengunjung kami imbau membawa payung atau mantel untuk antisipasi hujan deras yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” tambah Bambang.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Pejabat Negara Rayakan Idul Adha 1445 H

Pada Minggu hingga pukul 15.00 WIB, Taman Margasatwa Ragunan mencatat jumlah pengunjung sebanyak 16.466 orang. Mereka datang dengan membawa 2.002 kendaraan roda dua, 3 bus, 75 sepeda, dan 1.340 kendaraan roda empat. Tercatat juga 2.338 orang mengunjungi pusat Primata Schmutzer.

Inspeksi Mendadak Menteri Perhubungan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan inspeksi mendadak terkait kelayakan bus pariwisata di Taman Margasatwa Ragunan. Dalam inspeksi tersebut, beberapa bus pariwisata kondisinya tidak memiliki kelengkapan surat-surat seperti uji kendaraan bermotor (KIR) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Empat dari enam bus yang diperiksa tidak melengkapi KIR. Bahkan, ada yang STNK-nya sudah habis masa berlaku. Nantinya, bus-bus tersebut tidak akan diizinkan beroperasi atau akan ditahan.

Tentang Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan yang berlokasi di Jakarta Selatan memiliki luas 147 hektare. Lebih dari 2.009 ekor satwa dan tumbuh lebih dari 20.000 pohon tinggal di taman ini. Tempat wisata ini menjadi pilihan favorit masyarakat untuk berlibur bersama keluarga.

COMMENTS

WORDPRESS: 0