HomeKHASANAH

Mengapa Mengonsumsi Kafein di Pagi Hari Penting untuk Kualitas Tidur?

Efek Jangka Panjang Kafein LBJ - Mengonsumsi kafein di pagi hari dapat memberikan efek sisa yang bertahan lama hingga waktu tidur. Laman Well and G

Anak Kurang Tidur Berisiko Tinggi Hipertensi, Studi Terbaru Mengungkapkan
Fatwa MUI dan Salam Lintas Agama: Perspektif Prof. Ahmad Tholabi Kharlie
Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing Dengan Cara ini

Konsumsi kopi di pagi hari lebih baik untuk menjaga efek kafein dalam jangka waktu yang lama. (@kahvegazetesi_coffeepresst)

Efek Jangka Panjang Kafein

LBJ – Mengonsumsi kafein di pagi hari dapat memberikan efek sisa yang bertahan lama hingga waktu tidur. Laman Well and Good menyatakan bahwa penelitian tahun 2024 menunjukkan 99 persen kafein diserap dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Bagi sebagian orang, waktu paruh kafein berkisar antara 1,5 hingga 9,5 jam.

Michael Breus, PhD, seorang spesialis tidur dan psikolog klinis, menyatakan bahwa minum kopi setelah tengah hari adalah kesalahan utama yang harus dihindari demi kualitas tidur yang baik.

Meskipun kopi memiliki manfaat kesehatan seperti antioksidan anti-inflamasi, kafein dapat berdampak negatif pada kualitas tidur karena memblokir neurotransmitter adenosine yang membantu mengatur siklus tidur-bangun.

Baca juga: Polisi Amankan Pelaku Penganiayaan dalam Bentrokan Ormas di Pasar Minggu

Pengaruh Kafein pada Adenosin

“Adenosin terakumulasi di tubuh Anda sepanjang hari, yang memberi sinyal kapan waktunya tidur. Namun, kafein dapat mengganggu proses ini,” jelas Dr. Breus.

Cara terbaik untuk mengurangi efek jangka panjang kafein adalah dengan menghentikan konsumsi kopi setelah pagi hari. Dr. Breus menganjurkan pembatasan makanan atau minuman berkafein hanya pada pagi.

Dr. Breus menekankan pentingnya memperhatikan waktu konsumsi kopi.

“Kesalahan utama yang dilakukan peminum kopi adalah meminumnya lewat tengah hari,” ujarnya.

Baca juga: PBB Desak Penghentian Pelanggaran HAM di Gaza

Jika perlu minum kopi sore hari, batas terakhir adalah jam 2 siang, tambahnya.

Tips Mengelola Asupan Kafein

Mengelola asupan kafein sepanjang hari sangat penting untuk menjaga dampak negatif dari zat kafein.

“Catat berapa banyak produk berkafein yang Anda konsumsi dan dosis kafein di setiap produk,” kata Dr. Breus.

Semakin banyak kafein yang Anda konsumsi, semakin lama efeknya bertahan. Dr. Breus juga menyarankan menunggu 90 menit setelah bangun tidur untuk mulai minum kopi, karena ini dapat membantu menyeimbangkan hormon.

Baca juga: Tragis, Sopir Porsche Tewas Tabrak Truk Besi di Tol Dalam Kota Jakarta

Pada satu jam pertama setelah bangun tidur, kadar kortisol biasanya naik dan turun; istilah ini dikenal sebagai respons kebangkitan kortisol (CAR).

“Jangan menambahkan gula ke dalam kopi Anda untuk menjaga kebiasaan tidur yang sehat,” tambahnya.

Sebuah studi kecil pada tahun 2022 menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi gula dapat berdampak negatif pada kualitas tidur dan menyebabkan peradangan yang juga berdampak pada tidur.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0