HomeHEADLINE_NEWS

PMI Kirim 500 Tenda untuk Pengungsi Gaza, Palestina

Pengiriman Bantuan Tenda ke Gaza LBJ - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan lokal di Palestina mengirimkan 500 unit

Pasca Mahkamah Internasional Keluarkan Putusan Israel Makin “Menggila”
PBB Desak Penghentian Pelanggaran HAM di Gaza
Putin: Krisis Gaza Mirip Pemusnahan Massal, Bukan Perang
pengungsi palestina

pengungsi palestina

Pengiriman Bantuan Tenda ke Gaza

LBJ – Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan lokal di Palestina mengirimkan 500 unit tenda ke Gaza. Pengiriman ini untuk membantu para pengungsi yang terpaksa tinggal di tempat terbuka akibat konflik yang berkepanjangan.

Kepala Markas Pusat PMI, Arifin Muh Hadi, menjelaskan bahwa pengangkutan tenda-tenda tersebut  menggunakan tiga truk kontainer menuju perbatasan Mesir dengan Gaza.

“Tenda-tenda keluarga bantuan PMI telah dilengkapi dengan tools kits, sehingga pengungsi dapat mendirikan tendanya sendiri atau dengan bantuan Tim Bulan Sabit Merah Mesir dan Palestina,” kata Arifin. Seperti yang dikutip dari Antara.

Baca juga: PBB Desak Penghentian Pelanggaran HAM di Gaza

Setiap unit tenda berukuran 4×4 meter dan mampu menampung empat sampai lima anggota keluarga.

Proses Pengadaan Tenda Tambahan

PMI sedang memproses pengadaan 500 unit tenda lagi yang diharapkan selesai pada akhir Juni 2024. Dengan penambahan ini, jumlah tenda yang diserahkan mencapai 1.000 unit. Namun, akses masuk ke Gaza masih menjadi tantangan besar.

“Saat ini, pintu penyeberangan Rafah belum dibuka. Kami berkoordinasi dengan Tim Logistik Bulan Sabit Merah Mesir untuk menggunakan rute alternatif melalui Karam Abu Salem,” tambah Arifin.

Baca juga: Tragis, Sopir Porsche Tewas Tabrak Truk Besi di Tol Dalam Kota Jakarta

Atas nama PMI, Arifin menyampaikan terima kasih kepada para pendonor dan masyarakat Indonesia atas pemberian sumbangan.

“Kami menghargai dukungan dan bantuan yang telah diberikan untuk saudara-saudara kita di Palestina,” ujarnya.

Pentingnya Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK), menekankan bahwa keselamatan warga Palestina adalah tanggung jawab bersama. Meskipun situasi di Gaza semakin buruk, bantuan kemanusiaan harus tetap berjalan.

“Kebutuhan tenda keluarga menjadi sangat prioritas, selain kebutuhan pangan, air minum, dan pakaian,” tegas JK.

Baca juga: Teknologi ETLE Face Recognition: Inovasi Korlantas Polri dalam Sistem Tilang Elektronik

JK juga menyerukan agar membuka akses kemanusiaan ke Jalur Gaza secara permanen dan aman. Ini penting agar bantuan bisa mencapai populasi terdampak, terutama di Gaza Utara.

“Kita harus memastikan semua jalur akses dibuka untuk menyelamatkan para pengungsi yang memerlukan bantuan kebutuhan dasar,” kata JK.

Kondisi pengungsi di Gaza sangat memprihatinkan. Banyak dari mereka terpaksa tidur di jalan dan di bawah puing-puing bangunan yang hancur.

“Kita harus berupaya agar bantuan seperti bahan pangan, minuman, dan tenda keluarga segera sampai ke warga pengungsian,” ujar JK.

PMI berharap semua pintu akses bantuan kemanusiaan ke Gaza terbuka secara permanen.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0