HomeHEADLINE_NEWS

TNI AD Persiapkan Alutsista untuk Misi Perdamaian di Gaza

LBJ – TNI Angkatan Darat telah menyiapkan pasukan untuk dikirim ke Gaza guna melaksanakan misi perdamaian. Langkah ini sebagai tanggapan atas p

Kuba dan Afrika Selatan Bersama Hadapi Israel di Mahkamah Internasional
Indonesia Kecam Aksi Blokade Bantuan Kemanusiaan oleh Warga Israel di Gaza
Derita Warga Gaza Saat Idul Adha 2024: Tanpa Kurban di Bawah Bayang-Bayang Serangan Israel
Pasukan perdamaian tni ad

Ilustrasi pasukan perdamaian TNI AD untuk dikirim ke Gaza guna melaksanakan misi perdamaian.(XYZonemedia.com)

LBJ – TNI Angkatan Darat telah menyiapkan pasukan untuk dikirim ke Gaza guna melaksanakan misi perdamaian.

Langkah ini sebagai tanggapan atas permintaan dari Markas Besar TNI untuk mendukung upaya perdamaian dan bantuan kemanusiaan di wilayah konflik tersebut.

“Mabes akan meminta dari setiap mabes angkatan, apa yang dikirimkan. Di situlah kami akan menyesuaikan apa yang dibutuhkan,” ungkap Brigjen TNI Kristomei Sianturi, Kepala Dinas Penerangan TNI AD, saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, pada Sabtu 22/6/2024).

Kesiapan Pasukan dan Alutsista TNI AD

TNI AD telah mempersiapkan pasukan yang mencakup berbagai spesialisasi seperti pasukan medis, pasukan pembangunan infrastruktur, dan pasukan pengamanan.

Selain personel, TNI AD juga telah menyiapkan berbagai alat utama sistem senjata (alutsista) yang akan mendukung misi ini.

Meskipun Brigjen Kristomei tidak merinci jumlah alutsista yang akan dikirim, ia menegaskan kesiapan mereka dalam mendukung upaya ini.

“Intinya Pemerintah menyatakan siap membantu. Maka, kami pastikan kami siap, tinggal tunggu perintah dari Mabes TNI,” tegasnya.

Baca juga : Viral! Polisi Bentuk Tim Gabungan untuk Buru Penjambret di CFD Sudirman

Mandat dan Bantuan Lanjutan

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto sebelumnya telah menyiapkan 1.394 personel untuk melaksanakan misi perdamaian di Gaza.

Pasukan tersebut akan menjalankan berbagai tugas, mulai dari pengamanan, pembangunan fasilitas umum, hingga pelayanan medis. “Pasukan tersebut akan bertugas di bidang pengamanan, pembangunan fasilitas umum, hingga tenaga medis,” jelas Panglima TNI.

Tidak hanya itu, TNI juga berencana mengirimkan KRI sebagai rumah sakit apung, serta alutsista tambahan dan bantuan logistik ke Gaza.

Bantuan ini akan diberangkatkan jika gencatan senjata terjadi dan TNI mendapatkan mandat resmi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga : Laporkan Polisi Judi Online, Propam Polri Sediakan Hotline 24 Jam

Mandat PBB

TNI AD dan seluruh jajaran TNI terus menunggu mandat dari PBB untuk melaksanakan misi ini.

“Kami pastikan kami siap,” tegas Brigjen Kristomei. Dengan persiapan yang matang, TNI siap memberikan kontribusi nyata dalam misi perdamaian dan bantuan kemanusiaan di Gaza.

Langkah ini diharapkan dapat membantu menciptakan kedamaian dan memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Gaza yang terdampak konflik. ***

COMMENTS

WORDPRESS: 0