HomeHEADLINE_NEWS

Houthi Klaim Serangan Dua Kapal Kargo di Laut Merah dan Samudera Hindia

Houthi Lanjutkan Serangan terhadap Kapal-Kapal Kargo Terkait Israel LBJ - Kelompok Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap du

Serangan Udara Israel di Lebanon Tewaskan Anggota Hizbullah
Serangan Drone Hizbullah Melukai 18 Tentara Israel di Perbatasan Utara
Israel Makin Gencar Serang Palestina Gencatan Senjata Hanya Mimpi.

MV Tutor salah satu kapal kargo yang mendapatkan serangan pada 12 juni lalu (X/@mananbhattnavy)

Houthi Lanjutkan Serangan terhadap Kapal-Kapal Kargo Terkait Israel

LBJ – Kelompok Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap dua kapal kargo di Laut Merah dan Samudera Hindia bagian barat pada Minggu. Serangan ini menargetkan kapal TRANSWORLD NAVIGATOR dan STOLT SEQUOIA.

Juru bicara militer Houthi, Yahya Sarea, menyatakan bahwa angkatan laut Houthi menggunakan kapal tak berawak untuk menyerang TRANSWORLD NAVIGATOR di Laut Merah, yang menyebabkan kerusakan langsung pada kapal tersebut. Selain itu, beberapa rudal jelajah menghantam kapal STOLT SEQUOIA di Samudera Hindia. Houthi mengklaim kedua operasi tersebut berhasil mencapai tujuannya.

Kelompok Houthi melakukan serangan ini sebagai balasan atas dugaan pelanggaran oleh perusahaan pemilik kapal tersebut, yang mereka tuduh melanggar larangan masuk ke pelabuhan-pelabuhan Israel. Sarea menegaskan bahwa mereka akan terus melancarkan serangan sampai Israel menghentikan agresi militernya di Jalur Gaza.

Baca juga: Ribuan Warga Israel Tuntut Pemilu Baru di Tengah Konflik Gaza

Angkatan Laut Houthi Targetkan Kapal Kargo di Teluk Aden dan Laut Merah

Pada Sabtu, kapal dagang TRANSWORLD NAVIGATOR, yang berbendera Liberia, diserang dua kali oleh Houthi di Teluk Aden. Serta pada Minggu pagi di Laut Merah lepas pantai Hodeidah, Yaman. Menurut seorang pejabat pemerintah Yaman, kapal tersebut mengalami kerusakan namun tetap dapat melanjutkan perjalanannya tanpa ada laporan cedera dari awak kapal.

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengonfirmasi bahwa insiden tersebut terjadi sekitar 65 mil laut sebelah barat Hodeidah. Nakhoda kapal melaporkan adanya serangan dari sistem udara tak berawak yang menyebabkan kerusakan kapal. Beruntung seluruh awak selamat dan kapal melanjutkan perjalanannya ke pelabuhan berikutnya.

Kampanye Houthi Terhadap Kapal-Kapal Terkait Israel

Serangan ini merupakan bagian dari kampanye Houthi yang lebih luas, dimulai pada November 2023. Mereka menargetkan kapal-kapal di Laut Merah dan Selat Bab al-Mandab. Selain itu  mengklaim bahwa serangan kapal-kapal yang terkait dengan Israel atau dalam perjalanan ke pelabuhan Israel. Serangan tersebut sebagai balasan atas agresi Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Baca juga: Serangan Udara Israel Tewaskan 42 Warga Sipil, Termasuk Wanita dan Anak-anak

Konflik di sepanjang jalur pelayaran penting ini menimbulkan kekhawatiran global mengenai keamanan maritim dan dampaknya terhadap perdagangan internasional. Jalur ini adalah rute penting bagi perdagangan global, dan gangguan seperti ini dapat memiliki implikasi besar.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0