HomeNEWS

NasDem Masih Pertimbangkan Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Dukungan NasDem Ditentukan oleh Kapabilitas dan Elektabilitas LBJ - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memant

Serangan Udara Israel Tewaskan 42 Warga Sipil, Termasuk Wanita dan Anak-anak
Serangan Udara Israel di Lebanon: Tiga Tewas, Dua Terluka
Waspada Ketegangan: Tujuh Negara Minta Warganya Tinggalkan Lebanon

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. (Ig / @official_nasdem)

Dukungan NasDem Ditentukan oleh Kapabilitas dan Elektabilitas

LBJ – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memantau situasi sebelum mendeklarasikan dukungan terhadap Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024. Menurut Paloh, NasDem masih mempertimbangkan beberapa faktor penting sebelum mengambil keputusan.

Surya Paloh mengungkapkan bahwa komunikasi dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu baru terjalin dua hari yang lalu. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan resmi mengenai dukungan terhadap Anies.

“Belum tentu tinggal deklarasi, coba kita lihat beberapa waktu ke depan ya,” ujar Paloh saat menghadiri peluncuran buku di kompleks parlemen, Jakarta, Senin.

Baca juga: MKD DPR RI Tegur Ketua MPR Bamsoet Terkait Pernyataan Kontroversial

Elektabilitas Anies Baswedan

Berbagai survei elektabilitas menunjukkan bahwa Anies Baswedan selalu berada di peringkat teratas sebagai calon Gubernur Jakarta. Surya Paloh mengakui bahwa sosok Anies sangat dominan di Jakarta.

“Ya memang Anies Baswedan yang saat ini amat sangat mendominasi skor daripada seluruh survei, peringkatnya nomor satu, saya pikir capek juga orang menghadapi dia di Jakarta ini,” kata Paloh.

Paloh juga menekankan bahwa kekalahan Anies dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 bukanlah sebuah kesalahan. Ia mengatakan,

“Kalau itu masih bisa dipertahankan, baik dong, logikanya ‘kan apa yang salah dengan perjalanannya. Apakah kekalahan dalam pilpres itu sebuah kesalahan? ‘Kan tidak,” ujarnya.

Baca juga: PKS Menunggu Koalisi Terbentuk Untuk Pendamping Sohibul Iman

Menurutnya, dua faktor utama yang menjadi pertimbangan NasDem dalam mendukung calon adalah kapabilitas dan elektabilitas.

Sikap NasDem Terhadap Pencalonan

Surya Paloh menegaskan bahwa NasDem tidak hanya mengutamakan pencalonan dari kader internal partai.

“NasDem ‘kan tidak mengutamakan selalu masalah pencalonan ini dalam aspek semata-mata kader, kami cari apa yang terbaik,” jelasnya.

Ini menunjukkan bahwa NasDem mendukung calon yang dianggap paling kapabel dan memiliki tingkat keterpilihan tinggi, seperti Anies Baswedan.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0