HomeHEADLINE_POLITIK

PKS Ungkap Jokowi Cawe-cawe Tawarkan Kaesang Jadi Cawagub Jakarta 2024

LBJ - Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah cawe-cawe menawarkan nama putranya, K

Prospek Anies Baswedan di Pilkada DKI 2024: Analisis Dukungan PKS dan Koalisi Politik
PDIP Tunjukkan Dukungan Kuat terhadap Anies Baswedan untuk Pilkada DKI 2024
Sandiaga Uno: Generasi Z Butuh Tapera untuk Kepemilikan Rumah
PKS Ungkap Jokowi Dorong Kaesang Jadi Cawagub Jakarta 2024

PKS Ungkap Jokowi Caw-cawe ke beberapa Parpol Dorong Kaesang Jadi Cawagub Jakarta 2024. (Dok. PKS)

LBJ – Sekretaris Jenderal PKS, Aboe Bakar Al Habsyi, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah cawe-cawe menawarkan nama putranya, Kaesang Pangarep, kepada beberapa partai politik untuk diusung sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilgub DKI Jakarta 2024.

Aboe menyatakan bahwa langkah cawe-cawe Jokowi dalam politik sudah biasa terjadi.

“Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampai nanti. Biasa. Jadi enggak ada masalah, biar saja,” kata Aboe di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (27/6).

Ketika ditanya mengenai kemungkinan Jokowi menawarkan nama Kaesang sebagai cawagub pendamping Ridwan Kamil (RK), Aboe mengonfirmasi bahwa Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang.

Namun, Aboe tidak menjelaskan partai politik mana saja yang telah menerima tawaran tersebut.

“Sudah-sudah, sudah nyodorkan,” tutur dia.

Aboe tidak memberikan jawaban tegas mengenai partai politik mana saja yang menerima nama Kaesang sebagai cawagub.

Baca juga : Tito Karnavian Siap Tindak Kepala Daerah Terlibat Judi Online

Namun, ketika ditanya apakah Jokowi menawarkan ke PKS, Aboe tidak memberikan jawaban pasti dan hanya menyebut bahwa Jokowi menawarkan nama putra bungsunya ke sejumlah parpol.

“Ke mana-mana,” tutur dia.

Mendadak Kaesang

Sebelumnya, orang-orang juga mendadak menyebut Kaesang sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Nama putra bungsu Presiden Jokowi ini mencuat setelah Mahkamah Agung mengabulkan gugatan Partai Garuda terkait syarat batas usia kepala daerah. Kaesang menyatakan siap jika dipasangkan dengan Anies Baswedan maupun Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta.

“Kalau saya ditanya siap atau enggak (berpasangan dengan Anies), ya harus siap,” kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Kamis (13/6). “Siap juga (dengan RK). Saya balik lagi, namanya politik kita ya enggak masalah kok dengan siapa pun,” imbuhnya.

Namun, belakangan ini, Kaesang menyebut dirinya berbeda dengan Anies Baswedan meski tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan perbedaan tersebut.

Baca juga : Mantan Panglima AD Bolivia Ditangkap Usai Upaya Kudeta Gagal

Bantahan dari Istana

Isu cawe-cawe Jokowi dalam Pilkada 2024 dibantah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana. Ari menegaskan bahwa pencalonan kepala daerah adalah wewenang partai politik dan tidak ada kaitannya dengan Presiden Jokowi.

“Pengusungan nama calon kepala daerah merupakan ranah partai politik atau gabungan partai politik,” kata Ari saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (25/6).***

COMMENTS

WORDPRESS: 0