HomeHEADLINE_POLITIK

Peluang Poros Ketiga di Pilgub Jakarta Semakin Terbuka

LBJ - Potensi munculnya poros ketiga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta semakin nyata setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusu

Gerindra Tutup Peluang Dukung Duet Anies-Kaesang di Pilgub Jakarta 2024
PAN Tidak Dukung Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024
Ridwan Kamil Diusulkan Jadi Cagub DKI 2024, Anies Baswedan Santai Menanggapi
Juru Bicara (jubir) PDIP Chico Hakim (Foto dok istimewa)

Juru Bicara (jubir) PDIP Chico Hakim bicara tentang poros ketiga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta (Foto dok istimewa)

LBJ – Potensi munculnya poros ketiga dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta semakin nyata setelah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengusung pasangan Anies Baswedan dan Sohibul Iman. Kendati demikian, pasangan ini masih memerlukan dukungan tambahan dari partai lain untuk menyegel pencalonan mereka.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengutarakan potensi munculnya poros ketiga ini. PKB, salah satu partai yang diincar koalisi Anies-Sohibul, juga mempertimbangkan mengusung Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebagai calon. Menurut juru bicara PDIP Chico Hakim,

“Nama Ida Fauziyah pantas untuk dipertimbangkan. PDI Perjuangan berkomunikasi dengan semua partai tanpa kecuali,” katanya kepada wartawan pada Kamis, (27/6/2024).

Baca juga : Gaza Krisis Bahan Bakar: RS Kamal Adwan Segera Ditutup

Baca juga : Israel Legalkan Permukiman Baru, Hamas Serukan Perlawanan Palestina

Dinamika Koalisi dan Penjaringan Internal

Chico menjelaskan bahwa PDIP sedang fokus pada proses penjaringan internal untuk memilih calon yang akan mereka usung.

“Di Jakarta ini, kami fokus penjaringan internal, kami akan majukan sebagai calon Gubernur atau Wakil Gubernur,” ujarnya.

Dia juga menyatakan bahwa PDIP membuka peluang untuk berkoalisi dengan PKB dan partai politik lainnya, sehingga Pilgub Jakarta berpotensi diikuti oleh tiga pasangan calon.

Anies dalam Radar PKB

Sementara itu, Anies Baswedan juga menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan oleh PKB, meski partai ini masih fokus pada agenda internal terkait penjaringan calon.

Jika melihat dinamika saat ini, ada tiga poros yang mungkin terbentuk: koalisi pendukung Anies Baswedan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang dikabarkan mendukung Ridwan Kamil, dan koalisi PKB-PDIP.

Baca juga : Buaya Pemangsa Manusia di Tanggamus Ditangkap BKSDA Lampung-Bengkulu

Peluang munculnya poros ketiga dalam Pilgub Jakarta semakin terbuka lebar dengan dinamika politik yang ada. Masing-masing partai masih melakukan penjaringan dan pembicaraan koalisi untuk menentukan calon yang paling sesuai untuk memimpin Jakarta.***

COMMENTS

WORDPRESS: 0