HomeHEADLINE_NEWS

PDIP Siapkan Strategi Kuat untuk Pilkada Jatim 2024

PDIP Unggulkan Kader Terbaik di Pilkada Jatim Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai mempersiapkan nama-nama kader terbaiknya untuk maj

KPK Ungkap Ada yang Menyembunyikan Informasi tentang Harun Masiku
Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Harun Masiku
KPK Tegaskan Tidak Ada Maladministrasi dalam Penyitaan Barang Bukti Kusnadi

Tri Rismaharini salah satu nama yang masuk radar PDIP untuk pilkada Jawa Timur (Ig / @Trirismahaarini)

PDIP Unggulkan Kader Terbaik di Pilkada Jatim

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai mempersiapkan nama-nama kader terbaiknya untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2024. Beberapa nama dari kalangan menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, dan Pramono Anung, menjadi kandidat kuat.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menyatakan bahwa PDIP memiliki banyak calon kepala daerah yang potensial, termasuk kepala daerah incumbent.

“Di Pilkada Jatim, kami memiliki sedikit banyak calon kepala daerah. Kepala daerah incumbent (petahana) misalnya, muncul beberapa nama,” ujarnya di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6) malam.

Baca juga: Ridwan Kamil Belum Pasti, PAN Bidik Kaesang di Pilkada DKI Jakarta

Kader Lainnya juga Dipertimbangkan

Hasto menambahkan bahwa PDIP terus mendorong kader internal partai untuk bekerja sama dengan pihak lain yang telah dilatih melalui berbagai jalur, termasuk birokrasi, profesional, purnawirawan, TNI/Polri, hingga kalangan pers.

Selain dari kalangan menteri, terdapat juga usulan nama kader lainnya seperti Mochamad Nur Arifin alias Gus Ipin, Erick Cahyadi, Armuji, Ipuk Fiestiandani, dan Achmad Fauzi.

“Nama Fauzi di Sumenep ini sangat kuat sehingga tinggal merumuskan kerja sama politik saja,” jelas Hasto.

PDIP juga telah berkomunikasi dengan beberapa partai lain seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra yang memberikan dukungan untuk beberapa wilayah di Jatim.

“Tetapi untuk daerah lain kami juga melakukan komunikasi politik. Ini proses yang sangat dinamis,” tambah Hasto.

Baca juga: Peluang Poros Ketiga di Pilgub Jakarta Semakin Terbuka

Duet Kandidat Menarik Perhatian

Sebelumnya, nama Menteri Sosial yang juga kader PDIP, Tri Rismaharini, santer diisukan akan bergandengan dengan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Kiai Haji Marzuki Mustamar, dalam Pilkada Jatim 2024. Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda, sempat mengungkapkan bahwa duet Kiai Haji Marzuki Mustamar dan Risma menarik untuk diusung pada Pilkada Jatim 2024.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jatim telah berkomunikasi dengan PDIP terkait duet tersebut. Menurut Huda, PDIP sebenarnya ingin kadernya menjadi Wakil Gubernur Jatim, berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa. Namun, seiring waktu, Khofifah terlihat semakin mantap kembali berpasangan dengan Emil Dardak pada Pilkada Jatim 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal Pilkada Serentak 2024 di 37 provinsi di Indonesia. Mereka menjadwalkan kegiatan pemungutan suara berlangsung pada 27 November 2024.***

Sumber Antara

COMMENTS

WORDPRESS: 0