HomeHEADLINE_HUKRIM

Waspada QRIS Palsu, BRI Ajak Merchant Jaga Keamanan Transaksi

Meningkatnya Kasus QRIS Palsu LBJ - Belakangan ini, penipuan yang melibatkan QRIS palsu semakin marak terjadi. QRIS palsu adalah kode QR yang menir

Kasat Narkoba Polres Blitar Positif Narkoba, Kini Diperiksa Polda Jatim
Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Harun Masiku
Empat Selebgram Ditangkap Terkait Promosi Judi Online, Termasuk Satu Remaja

QRIS palsu menyerang merchant-merchant dengan QRIS statis (XYZonemdia)

Meningkatnya Kasus QRIS Palsu

LBJ – Belakangan ini, penipuan yang melibatkan QRIS palsu semakin marak terjadi. QRIS palsu adalah kode QR yang meniru identitas pedagang dan transaksi, sehingga transaksi yang terlihat sah sebenarnya tidak diterima oleh merchant. Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, menyatakan bahwa penipuan ini banyak menyasar merchant-merchant dengan QRIS statis, yang biasanya ditampilkan dalam bentuk stiker atau print-out.

Pentingnya Monitoring Transaksi

Untuk mencegah terjadinya penipuan, Andrijanto mengimbau para merchant agar rutin memonitor transaksi yang diterima. Melalui aplikasi BRIMerchant, merchant dapat dengan mudah memastikan apakah transaksi telah berhasil masuk ke rekening yang terafiliasi dengan QRIS statis mereka. Aplikasi ini memungkinkan merchant untuk memeriksa status pembayaran dan menerima notifikasi jika ada transaksi yang berhasil.

Fitur-Fitur Unggulan BRIMerchant

BRI merancang BRIMerchant sebagai aplikasi one stop solution untuk memenuhi kebutuhan para merchant. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama yaitu monitoring transaksi, download laporan settlement, dan user management.

Pada fitur user management, pemilik merchant sebagai super admin dapat menambahkan user, memberikan akses, mengubah status, dan menghapus user. Fitur ini sangat membantu para pelaku usaha, baik UMKM maupun bisnis skala besar, untuk memantau riwayat transaksi harian hingga tiga bulan terakhir.

Baca juga: Drama Penculikan Anak Berakhir Damai: Ibunda Kangen Anak hingga Nekat Menculik

Keuntungan Menggunakan BRIMerchant

Selain fitur utama, BRIMerchant juga menyediakan notifikasi transaksi, top-up saldo kartu uang isi ulang, dan layanan customer service. Merchant bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store, dan mereka akan mendapatkan banyak manfaat jika memiliki rekening BRI.

Dengan langkah-langkah preventif ini, BRI berharap dapat membantu merchant menjaga keamanan transaksi dan menghindari penipuan QRIS palsu. Merchant dan pembeli harus selalu memeriksa kesesuaian nama pada QRIS yang discan dengan nama merchant yang benar untuk memastikan keamanan transaksi.****

Sumber: Antara

COMMENTS

WORDPRESS: 0